struktur modal dalam keuangan syariah


                                  STRUKTUR MODAL DALAM KEUANGAN SYARIAH

       Menurut Zainal Arifin, modal adalah sesuatu yang mewakili kepentingan pemilik dalam suatu perusahaan. Modal juga merupakan kekayaan bersih yaitu selisih antara nilai buku dari aktiva dikurangi dengan nilai buku dari kewajiban. Modal bank mempunyai funsi, diantaranya :
1.      Sebagai penyangga untuk menyerap kerugian operasional dan kerugian lainnya. Dlam hal ini modal memberikan perlindungan terhadap kegagalan atau kerugian bank dan perlndungan terhadap deposan.
2.      Sebagai dasar bagi penetapan batas maksimum pemberian kredit.
3.      Modal menjadi dasar perhitungan bagi para partisipan pasar untuk mengevaluasi tingkat kemampuan bank secara relative untuk menghasilkan keuntungan.

Kedudukan modal merupakan sesuatu yang amat penting yang harus dipenuhi terutama oleh pendiri bank dan para manajemen bank selama beroperasi. Fungsi bank sendiri adalah menhimpun dana dari masyarakat dan menyalurka kembali serta menyediakan berbagai jenis jasa yang dibutuhkan para nasabah.
Dalam kaidah islam, pemberian pinjaman tidak boleh meminta imbalan atas pemberian pinjaman tersebut, karena setiap pemberian pinjaman disertai dengan permintaan imbalan disebut sebagai riba. Sumber utama modal bank syariah adalah modal inti dan kuasi ekuitas. Dimana modal inti adalah modal yang berasal dari pemilik bank yang terdiri dari modal yan disetor oleh pemegang saham, cadangan, dan laba ditahan. Sedangkan kuasi ekuitas adalah dana-dana yang tercatat dalam rekening bagi hasil.
Tingkat kecukupan modal dapat diukur dengan cara, yaitu :
*Membandingkan modal dengan dana-dana pihak ketiga, yaitu dilihat sudut perlindungan kepentingan deposan, perbandingan antara modal dengan pos-pos passiva.
*Membandingkan modal dengan aktiva beresiko, dimana organisasi bank sentral dari negara-negara maju yang disponsori oleh AS, Kanada, Jepang, dan negara-negara Eropa Barat.
            CAR (Capital Adequacy Ratio) merupakan aspek terpenting dalam perbankan baik untuk bank nasional maupun internasional harus memenuhi rasio kecukupan.

Komentar

  1. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Persediaan Dalam Keuangan Syariah

Spekulasi, Proyeksi, dan Bisnis/Investasi Dalam Islam