Spekulasi, Proyeksi, dan Bisnis/Investasi Dalam Islam

Manajemen Keuangan Syariah_4

Spekulasi, Proyeksi, dan Bisnis/Investasi Dalam Islam

                Bisnis/investasi merupakan kegiatan yang bisa dikatakan sebagai ketidakpastian. Pasalnya, dalam hal berbisnis atau investasi menemukan banyak sekali anggapan atau pemikiran yang mengede  pankan sesuatu yang belum tentu terjadi. Spekulasi dalam berbisnis dan investasi menemukan sebuah resiko yang teramat besar. Bisnis/investasi dalam islam adalah sebuah kegiatan dalam kategori bermuamalah yang dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah, Investasi biasanya dilakukan di pasar modal, dan didalam pasar modal sendiri ada yang disebut sebagai spekulan dan investor. Spekulan merupakan kegiatan game of chane, kegiatan yang betujuan mendapatkan gain dengan upaya goreng menggoreng sahamsedangkan investor adalah yang memanfaatkan pasar modal sebagai sarana berinvestasi. Kalau bisnis / investasi yang berbasis syariah, didalamnya tidak mengimplementasikan praktek spekulasi, riba, gharar dan maysir. Salah satunya adalah ketika menetapkan minimum holding period, atau jangka waktu memegang saham minimum.
          Proyeksi bisnis merupakan merancang masa depan untuk memperoleh nilai tambah, Farecasting adalah peramalan atau perkiraan mengenai sesuatu yang belum pasti terjadi dimasa depan. Proyeksi bisnis merupakan suatu langkah yang haram. Teknik proyeksi bisnis merupakan suatu cara atau pendekatan untuk menentukan ramalan (perkiraan) mengenai sesuatu dimasa depan. Kelangsungan bisnis itu tergantung kepada lingkungan sekitar. Karna lingkungan akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan usaha. 
                      Kesimpulannya adalah bahwa didalam sebuah bisnis/investasi tidak diperbolehkan melakukan tindakan spekulasi dan poyeksi. karena alasan terbesarnya adalah cara, tujuan dan niat dalam kegiatan tersebut yang berujung kedalam sebuah ekspetasi ketidakpastian. seharusnya bisnis dilakukan dengan instrumen dan cara yang sesuai dengan islam. Karena, islam telah mengajarkan cara dan perlakuan etika bisnis yang akan membawa dampak kemashlahatan bagi semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Persediaan Dalam Keuangan Syariah

struktur modal dalam keuangan syariah